by

Titik Terang Terkait Makam Fatimmah Daeng Takontu di Mempawah

-Berita, Budaya-291 views

IKBM MEDIA, Pontianak – Terkait berita yang viral di media sosial dan media cetak tentang informasi pengerusakan Benda Cagar Budaya (BCB) Makam I Fatimmah Daeng Takontu Binti Sultan Hasanudin Raja Gowa ke-16, di Tanjung Matoa, Pulau Temajo, Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, Tim Wonderful Mempawah bersama Pemeritah Kabupaten Mempawah langsung menanggapi.

Pada Kamis, (27 Mei 2021) sekitar pukul 10.00 WIB, Tim Wonderful Mempawah dari Dinas Pendidikan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Mempawah yang dipimpin langsung oleh Kadis DIKPORAPAR Kabupaten Mempawah, El Zuratnam, S.Pd, MM didampingi Kabid Pariwisata dan Kebudayaan Raja Fajar Azansyah, SE, M.AP melakukan kunjungan ke lokasi Makam I Fatimmah Daeng Takontu bersama Perwakilan Polres Mempawah, Keraton Amantubillah Mempawah, BPN Mempawah, kuasa pemilik lahan dan ahli waris makam.

Dari kunjungan ini dapat disampaikan hal-hal sebagai berikut :

Pertama, bahwa Makam I Fatimmah Daeng Takontu di Tanjung Matoa, Pulau Temajo, Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah, adalah Benda Cagar Budaya (BCB) Kabupaten Mempawah berdasarkan Peraturan Bupati Mempawah Nomor 15 Tahun 2020, tentang Perlindungan dan Pelestarian Situs/Benda Cagar Budaya dan Bangunan Cagar Budaya Kabupaten Mempawah.

Kedua, tidak benar jika Makam I Fatimmah Daeng Takontu dirusak oleh pemilik lahan. Berdasarkan pengamatan dari tim, kerusakan tersebut disebabkan bangunan yang sudah lapuk.

Ketiga, atas klarifikasi dari kuasa pemilik lahan, tidak benar jika Makam I Fatimmah Daeng Takontu akan dipindahkan oleh pemilik lahan.

Keempat, mengenai plang peringatan di bangunan musholah, masih akan dibicarakan lebih lanjut karena bangunan ini didirikan tanpa ijin pemilik lahan dan tidak termasuk di dalam BCB.

Kelima, setelah mediasi ini, diharapkan tidak ada lagi berita hoax atau statement yang bersifat provokasi apa lagi berkaitan dengan SARA.

Semoga dengan adanya kejadian ini, memberi hikmah untuk kita semua. (*)

Salam Wonderful Mempawah

 

Sumber : Wonderful Mempawah

Editor : Ubay KPI

Upload : TIM IKBM MEDIA

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed