by

Tinjau Lokasi Duplikasi Jembatan Kapuas I, Lasarus: Pembangunannya Segera Dimulai Dalam Waktu Dekat

IKBM MEDIA, PONTIANAK – Ketua PDI Perjuangan Kalbar dan juga Ketya Komisi V DPR RI Lasarus meninjau Jembatan Kapuas (JK) I Pontianak Kalimantan Barat, Selasa 12 Juli 2022.

Lasarus memastikan, bahwa rencana pembangunan duplikasi akan segera dimulai dalam waktu dekat ini.

Lasarus meninjau lokasi pembangunan duplikasi jembatan Kapuas I bersama pimpinan beserta anggota Komisi V DPR RI, mitra kerja Komisi V, Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan, Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, Ketua DPRD Kota Pontianak Satarudin.

Dijelaskan Lasarus, pihaknya telah berencana mengundang Menteri PUPR Basuki Hadimuljono ke Pontianak untuk melakukan penancapan tiang pertama pembangunan duplikasi jembatan tersebut.

Bahkan Lasarus pun juga menargetkan, bahwa pembangunan duplikasi jembatan Kapuas I ini ditargetkan pembangunan rampung di tahun 2024.

“Lelang sudah diumumkan pemenangnya. Dalam waktu dekat groundbreaking sudah bisa dilakukan dan pembangunannya bisa dimulai. Target selesai 2024. Tapi, kalau bisa lebih cepat kita akan dorong lebih cepat,” ungkapnya kepada wartawan saat diwawancara usai meninjau duplikasi Jembatan Kapuas I di Hotel Grand Kartika Pontianak.

“Sebetulnya dalam kunker kali ini kita berencana mengajak Pak Menteri Basuki untuk sekalian meletakkan batu pertama, tapi, karena pengumuman pemenang lelangnya baru kemarin, maka akan kami jadwalkan ulang groundbreaking-nya,” ucapnya lagi.

Menurut Legislator yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat ini, duplikasi Jembatan Kapuas I memang mendesak untuk dibangun guna mengurangi beban jembatan yang kian hari semakin padat dilalui kendaraan.

Setelah nanti rampung dibangun, keberadaan jembatan duplikasi diyakini Lasarus akan mampu mengurai kemacetan di Kota Pontianak, terutama di waktu pagi dan sore hari.

“Jembatan Kapuas 1 seperti yang kita tahu daya tampungnya sudah melebihi kapasitas. Dari sisi keamanan pun, kalau dibiarkan terlalu lama itu berbahaya karena jembatan ini sudah ditabrak berkali-kali. Kemudian lalu lintas di sana kan padat sekali ya. Kita berharap dengan duplikasi ini dapat mengurai kemacetan, membagi beban jembatan yang sudah ada,” tukasnya.

Kata Lasarus, untuk tahun ini, alokasi anggaran lebih dari Rp30 miliar. Total alokasi anggaran menelan dana Rp200 miliar. Sebagaimana diketahui, Jembatan Kapuas I yang ada saat ini sudah melebihi kapasitas. Kemudian, dari sisi keamanan juga berbahaya karena jembatan tersebut pernah ditabrak oleh kapal tongkang beberapa kali.

Semenntara itu, Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyampaikan terima kasih kepada Komisi V DPR RI yang telah memastikan duplikasi Jembatan Kapuas I segera terbangun. Ia berharap pelaksanaan pemancangan tiang pertama segera dilakukan sehingga pembangunan bisa mulai dikerjakan.

“Pemenang lelang proyeknya sudah diumumkan, tinggal pelaksanaan groundbreaking, mudah-mudahan bisa secepatnya,” tuturnya.

Terkait pembebasan lahan, Edi menyebut, hal itu sudah selesai. Sementara pelebaran Jalan Sultan Hamid II yang menjadi bagian pembangunan duplikasi Jembatan Kapuas I tahun ini mulai direncanakan.

“Mudah-mudahan tahun depan bisa mulai dibangun pelebaran jalan tersebut,” kata Edi.

Dia mengajak seluruh masyarakat mendukung proses pembangunan duplikasi Jembatan Kapuas I. Dengan adanya duplikasi Jembatan Kapuas I nantinya diharapkan bisa mengurangi kemacetan yang kerap terjadi di sana.

“Saya yakin seluruh masyarakat mendambakan adanya duplikasi Jembatan Kapuas I ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Pontianak Satarudin mendorong agar Pembangunan Duplikasi Jembatan Kapuas I segera terlaksana.

Hal tersebut, ia sampaikan lantaran kehadiran Duplikasi Jembatan Kapuas I sangatlah urgen.

“Setiap hari di kawasan jembatan Kapuas I saat ini selalu macet. Maka memang kehadiran Duplikasi Jembatan Kapuas I sangatlah dibutuhkan masyarakat ramai,” ucapnya.

Ia pun berharap kepada masyarakat agar ikut serta mendukung dalam pelaksanaan pembangunan duplikasi jembatan Kapuas I nanti.

PT Wijaya Karya Pemenang Lelang

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyampaikan, bahwa hasil pemenang lelang juga sudah ditetapkan.

Pembangunan duplikasi jembatan Kapuas I ini dalam waktu dekat akan segera mulai dibangun.

Saat ditanya soal pihak ketiga yang mengerjakan fisik pembangunan duplikasi jembatan Kapuas I, Wako Edi pun menerangkan, bahwa dimenangkan oleh pihak luar.

“Pihak ketiga kontraktor dari luar yaitu PT Wijaya Karya dan nanti akan ada sub kontrak dengan lokal,” katanya.

Wako Edi pun berterima kasih kepada Komisi V DPR RI yang telah memastikan duplikasi Jembatan Kapuas I segera terbangun.

Ia berharap pelaksanaan pemancangan tiang pertama segera dilakukan sehingga pembangunan bisa mulai dikerjakan.

“Pemenang lelang proyeknya sudah diumumkan, tinggal pelaksanaan groundbreaking, mudah-mudahan bisa secepatnya,” pungkasnya.

Pewarta : Muhammad Rokib

Editor     : Jamadin

Upload   : TIM MEDIA IKBM

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed