by

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, Sukiryanto: Sebagai Pondasi Cegah Radikalisme dan Intoleransi

-Berita-53 views

IKBM MEDIA, MEMPAWAH – Ketua Komite IV Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Sukiryanto menegaskan Empat Pilar Kebangsaan memiliki fungsi yang penting dalam menangkal terorisme, radikalisme dan intoleransi di Indonesia.

Hal tersebut disampaikannya kepada awak media usai melaksanakan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan sekaligus Halalbihalal Ormas Lintas Etnis se Kabupaten Mempawah di Mempawah Convention Center (MCC), Kamis 2 Juni 2022.

Ketua IKBM Kalbar dan juga Ketua Umum Perkumpulan Merah Putih (PMP) Kalbar ini menguraikan, Empat Pilar Kebangsaan dimaksud, terdiri atas Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

“Karena itu, saya mengingatkan, pentingnya bagi kita semua untuk memahami dan menghayati Empat Pilar Kebangsaan ini dalam kehidupan sehari-hari. Satu di antara fungsinya adalah untuk menangkal terorisme, radikalisme dan intoleransi,” ucapnya.

Ia melihat, begitu mudahnya faham dan gerakan ekstrem untuk masuk mempengaruhi masyarakat akhir-akhir ini disebabkan minimnya pemahaman tentang Empat Pilar Kebangsaan.

“Karena itu, saya hadir di Mempawah untuk meningkatkan pemahaman berbagai komponen masyarakat, termasuk ormas lintas etnis, terkait Empat Pilar Kebangsaan ini. Tidak saja secara verbal, bahkan saya membagikan buku-buku sebagai bahan literasi kita bersama,” tegas Sukiryanto.

Anggota DPD/MPR RI Dapil Kalbar ini selanjutnya mengungkapkan apresiasinya atas situasi kamtibmas di Kabupaten Mempawah yang tetap terjaga dengan baik.

“Saya melihat kerukunan masyarakat Mempawah yang heterogen sudah baik sekali. Dan hari ini, kita menggelar halalbihalal dengan seluruh ormas lintas etnis. Ini menjadi salah satu bukti bahwa sikap toleransi dan saling menghargai tumbuh dengan baik,” terang Sukiryanto.

Di laman akun media sosial Facebooknya, Sukiryanto mengucapkan terimakasih kepada semua peserta dan tamu undangan yang hadir dalam acara sosialisasi 4 Pilar tersebut.

“Alhamdulillah Kegiatan Sosialisasi 4 Pilar bersama Masyarakat lintas Etnis di Kabupaten Mempawah hari berjalan dengan lancar,” tulis Sukiryanto.

Editor: Jamadin

Upload : TIM MEDIA IKBM

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed