by

Pemilihan Lanceng Praben 2022 Dimulai, 33 Peserta Ikuti Sesi Awal

-Berita-34 views

IKBM Media, Pontianak – Ajang Pemilihan Lanceng Praben Provinsi Kalimantan Barat merupakan salah satu kontes memilih anak muda Madura yang tak hanya bagus rupawan, namun juga berperilaku dan wawasan yang baik.

Pemilihan Lanceng Praben Kalimantan Barat yang diadakan oleh Ikatan Lanceng Praben Kalbar adalah bagian dari program Ikatan Keluarga Besar Madura Kalimantan Barat (IKBM).

Kontes ini diikuti oleh perwakilan dari kabupaten dan kota yang ada di Kalimantan Barat. Syarat khusus dan menjadi poin utama, adalah bersuku Madura.

Pada tahun ini, Ikatan Lanceng Praben Kalimantan Barat kembali menggelar kontes yang akan menilai banyak aspek tersebut. Bertempat di aula kediaman Wakil Ketua IKBM Kalbar, H. Irsan di Jalan Trans Kalimantan, Kamis (18/8/2022), panitia Pemilihan Duta Lanceng Praben Kalbar tahun 2022 melaksanakan technical meeting peserta.

Dari 47 peserta yang mendaftark, sebanyak 33 peserta lolos administrasi dan kemudian melanjutkan sesi wawancara. Mereka adalah perwakilan beberapa muda-mudi Madura dari berbagai daerah di Kalimantan Barat.

Tahap awal Pemilihan Duta Lanceng Praben Kalimantan Barat 2022 pagi tadi, melangsung sesi wawancara mulai dari wawasan pengetahuan, teknologi, budaya dan bahasa. “Nanti akan diputuskan berapa yang akan ke grand final. Panitia dan dewan juri akan merapatkan kembali,” ujar salah satu panitia, Kardila.

Kandidat Duta Praben 2022

Wakil Ketua IKBM Kalbar, H. Irsan dalam seremonial pembukaan menekankan, pemilihan ini tak hanya fokus pada pada ketampanan dan kecantikan paras semata, namun lebih penting dari itu adalah wawasan yang luas, salah satunya penguasaan teknologi dan informatika harus menjadi poin penting.

“Bahasa internasional penting dikuasai mereka, termasuk informatika. Sebab tidak mungkin kita terus-terusan hanya bicara budaya dan etika,” ujar H. Irsan.

Jauh dari itu, Irsan berharap Duta Lanceng Praben Kalimantan Barat 2022 nantinya bisa melakukan terobosan-terobosan yang bisa menjadi cermin positif bagi anak muda Madura lainnya.

Usai sesi wawancara, panitia dan dewan juri nantinya akan menetapkan jumlah peserta yang akan masuk karantina sebelum ke grand final. Dijadwalkan, karantina peserta akan dilaksanakan selama tiga hari mulai 25-27 Agustus 2022 mendatang.

Siapakah yang akan menjadi Duta Lanceng dan Duta Praben selanjutnya? (*)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed