by

H. Mahalli Ilyas

-Tokoh-156 views

H. Mahalli Ilyas

*Sesepuh Pengayom Madura Kalbar

IKBM MEDIA, Pontianak – Keberadaan Ikatan Keluarga Besar Madura (IKBM) Kalimantan Barat tak lepas dari satu sosok ini. Bahkan sosok ini sebagian dari yang masih ada hingga saat ini. Ialah H. Mahalli Ilyas.

Ia merupakan salah satu dari sesepuh Madura di Kalimantan Barat yang memprakarsai lahirnya paguyuban Madura bernama IKBM Kalimantan Barat.

Bersama dengan Almarhum H. Sulaiman dan sesepuh lainnya sejak lebih 20 tahun lalu, ia berkomitmen mewujudkan kedamaian di bumi Kalimantan Barat.

Pasca mangkatnya H. Sulaiman yang menjabat sebagai Majelis Kehormatan IKBM Kalbar, kini posisi itu di pundak H. Mahalli Ilyas terpikul. Ia harus menjadi penganyom utara anak-anak Madura yang ada di Kalimantan Barat, khususnya kepada IKBM Kalimantan Barat.

Di usianya yang tak lagi muda, H. Mahalli Ilyas menyempatkan hadir dalam kegiatan Ikatan Keluarga Besar Madura (IKBM) Kalimantan Barat yang melaksanakan rapat kerjadi Hotel Haris Pontianak, Senin 22 Februari 2021 lalu.

Rapat kerja tahun 2021 ini yang dibuka langsung Ketua Majlis Kehormatan, H. Mahalli Ilyas dihadiri oleh Ketua IKBM Kalbar, H. Sukiryanto, Sekretaris Umum H Fauzie, Wakil Ketua Umum H. Irsan, Ketua Harian I Dr Syarif, Ketua Harian II Ahmad Holil, Ketua Harian III H Mansur Zahri  dan jajaran Pengurus IKBM Kalbar.

Hadir juga sejumlah pejabat Kabupaten dan Kota serta tingkat Provinsi Kalimantan Barat.

Selain dihadiri pejabat pemerintahan, tokoh masyarakat, juga dihadiri kalangan akademisi.

Ketua Umum IKBM Kalbar H Sukiryanto didamping Wakil Ketua Umum, H Irsan dan Sekretaris Umum H Fauzie saat menutup Rapat Kerja IKBM Kalbar Tahun 2021, Senin 22 Februari 2021.

Sebagai Ketua Majelis Kehormatan, Mahalli Ilyas berharap IKBM menjadi wadah masyarakat Madura Kalbar untuk menjalin dan menjaga silaturahmi baik sesama masyarakat Madura ataupun dengan masyarakat etnis lainnya yang ada di Kalbar.

“Kami para orang tua berharap program program yang dirumuskan nanti benar benar dapat menyentuh dan dirasakan oleh masyarakat Madura hingga lapisan bawah, baik yang di perkotaan dan juga perkampungan, sehingga keberadaan organisasi kita IKBM Kalbar ini benar-benar dirasakan keberadaannya,” jelas H. Mahalli Ilyas saat membuka rapat kerja tersebut.

Mahalli Ilyas juga berpesan, pengurus IKBM terus menjaga silaturahmi serta kekompakan.

“Sehingga rumusan program yang akan diputuskan bisa terlaksana dengan baik,” pesan Mahalli.

Dalam rapat kerja itu juga dilakukan diskusi serta usulan rumusan program kerja per bidang masing-masing yang diketuai oleh Ketua Harian I, Ketua Harian II dan Ketua Harian III.

Berbagai usulan program kerja yang disampaikan dalam rapat kerja itu nantinya akan dilakukan dalam bentuk aksi nyata setiap bidang masing-masing. *

Penulis : Jamadin

Uploader : Tim IKBM Media

 

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed