by

Lestarikan Tradisi Leluhur, IKBM Sanggau Gelar Ritual Jheg Bumih

IKBM MEDIA, Sanggau – Guna melestarikan dan menjaga tradisi para leluhur orang Madura, Pengurus Ikatan Keluarga Besar Madura (IKBM) Kabupaten Sanggau menggelar ritual Jheg Bumih pada hari kamis (16/12/2021) di Sekretariat IKBM Jalan Sultan Syahrir Kabupaten Sanggau.

Menurut Ketua IKBM Kabupaten Sanggau Muhammad Halil, ritual Jheg Bumih yang digelar kali ini merupakan ritual perdana yang mengundang dan digelar dihadapan masyarakat umum serta pemerintah daerah.

“Alhamdulillah, Pak Bupati Sanggau bisa menyaksikan lebih dekat bagaimana ritual masyarakat madura dalam memohon perlindungan, keselamatan bumi serta rasa aman untuk masyarakat setempat. Acara ini digelar secara akbar, berkat dukungan pak Bupati dalam mengakomodir tradisi orang madura, khususnya di Kabupaten Sanggau. ” Ujar Halil.

Lebih lanjut Muhammad Halil mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pemerintah daerah Kabupaten Sanggau yang telah mendukung dan turut mensupport pendanaan demi terlaksananya acara ritual tersebut yang dikemas dengan meriah dan dihadiri oleh banyak tokoh-tokoh adat serta Forkopimda Sanggau.

 

Khusus untuk ritual tersebut, Muhammad Halil menjelaskan bahwa air yang digunakan dalam ritual tersebut merupakan air yang diambil dari tujuh tempat mata air yang berbeda. Sedangkan telur yang disajikan dalam nampan atau sajian tumpeng merupakan telur ayam kampung dari 7 indukan yang berbeda. Hal ini menunjukkan bahwa bumi tempat berpijak semua mahluk hidup memiliki 7 lapisan perlindungan nya, begitu juga langit yang diciptakan oleh Allah SWT terdiri dari 7 lapis sebagaimana yang diterangkan dalam Al-Qur’an.

“Ritual Jheg Bumih ini sudah ada sejak zaman dulu dan tetap sesuai dengan zaman, karena ini ritual ini merupakan warisan leluhur orang Madura yang dikenal religius.” Ungkap nya.

Editor    : Abdul Hamid
Upload  : TIM MEDIA IKBM

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed