by

Kunker ke Kalbar, Ketua DPD RI Ziarah ke Makam Pendiri Kota Pontianak

-Berita-161 views

IKBM MEDIA, Pontianak – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, melakukan kunjungan kerja ke Kalimantan Barat, Minggu (13/6/2021). LaNyalla mengawali kunjungannya dengan berziarah ke makam pendiri Kota Pontianak.

Membersamai LaNyalla, ialah anggota Komite III DPD RI, Maya Rumantir. Tiba di Bandara Supadio, Kubu Raya, senator Kalbar yang juga Ketua Komite IV DPD RI, Sukiryanto menyambut Bersama Erlinawati sekaligus bergabung dalam kunjungan kerja tersebut.

Dalam penyambutan di Bandara Supadio, juga hadir Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan, bersama ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS), Burhan.

Kepada media, LaNyalla Mahmud Mattalitti menyebutkan agenda kunjungan kerja ini untuk menyerap aspirasi khususnya di Kalimantan Barat untuk kami sampaikan ke pemerintah pusat.

Ketua DPD RI, LaNyalla Mahmud Mattalitti disambut Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan bersama senator DPD RI daerah pemilihan Kalimantan Barat

LaNyalla mengawali kunker di Kalbar dengan melakukan ziarah ke kompleks makam Kesultanan Pontianak di Kelurahan Batu Layang, Kecamatan Pontianak Utara. Kompleks tersebut terletak di Tepi Sungai Kapuas Pontianak dan tidak jauh dari Tugu Khatulistiwa.

Area pemakaman yang telah menjadi cagar budaya ini, merupakan tempat dimakamkannya para raja-raja Kesultanan Pontianak beserta keluarganya yang juga merupakan tokoh-tokoh besar negara.

Pendiri Kota Pontianak, Sultan Syarif Abdurrahman Al-Qadri, juga dimakamkan di kompleks Makam Batu Layang. Sultan Syarif Abdurrahman merupakan raja pertama Kesultanan Pontianak. Ia adalah putra dari Al Habib Husin, seorang penyebar ajaran Islam yang berasal Arab.

LaNyalla yang berziarah bersama Wagub Kalbar Ria Norsan memanjatkan doa di makam Sultan Syarif Abdurrahman didampingi juru kunci Makam Batu Layang, Syarif Umar Alkadrie.

Ziarah di makam Batu Layang, Kota Pontianak

Pasca berziarah, LaNyalla berharap Komplek Makam Batu Layang tetap dijaga dan diperhatikan oleh pemerintah. Karena selain cagar budaya, juga merupakan risalah lahirnya daerah tersebut.

Di hari pertama, LaNyalla Mahmud Mattalitti Bersama senator lainnya menyempatkan bertemu dengan Raja Kesultanan Kadriyah Pontianak, Sy. Mahmud Melvin Alkadrie di Istana Kesultanan Pontianak, Jalan Tanjung Raya I, Kecamatan Pontianak Timur.

Selama 2 hari kunjungannya di Kalbar. Mulai dari menyambangi Keraton Kadriah Kesultanan Pontianak, bertemu jajaran Pemprov Kalbar, hingga menjadi pembicara kunci dalam Focus Group Discussion (FGD) di IAIN Pontianak, hingga media visit. (*)

 

Pewarta : Ubay KPI

Upload : TIM IKBM MEDIA

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed