by

Kegiatan Donor Darah Jelang Konfercab PCNU Kota Pontianak VIII, Faruki: Menjadi Amal Baik bagi Pendonor

IKBM MEDIA, PONTIANAK – Sabtu 7 Agustus 2021, hari pertama Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pontianak memulai rangkaian kegiatan bakti sosial jelang Konfercab PCNU Kota Pontianak VIII.

Kegiatan bakti sosial dimulai dengan kegiatan donor Darah di Klinik PCNU Kota Pontianak, tepatnya di Jalan Paralel Tol, Kota Pontianak.

Donor darah dilaksanakan mengingat berkurangnya giat donor darah di daerah Pontianak akibat masa pandemi.

Sementara pada masa pandemi justru banyak orang yang membutuhkan transfusi darah.

Suryadi, Sekretaris Panitia Konfercab memaparkan Pegurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pontianak kali ini bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pontianak.

“Alhamdulilah Pendonor dalam giat ini berjumlah 60 orang, mereka berasal dari kalangan internal keluarga besar Nahdlatul Ulama dan mayarakat umum, ya lumayan bisa menambah stok darah untuk orang-orang yang membutuhkan” ungkap Suryadi.

Suryadi menambahkan bahwa Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Kota Pontianak, berencana akan menjadikan giat donor darah ini mejadi kegiatan rutinan.

“InsyaAllah kedepannya giat donor darah ini akan menjadi kegiatan rutin minimal dalam satu tahun ada dua kali giat donor darah ya tentunya bekerjasama dengan Pihak Palang Merah Indoneisa yang berkompeten” tandas sekretaris panitia yang juga pengurus Ansor Kota Pontianak ini.

H Faruki selaku ketua PCNU Kota Pontianak memaparkan, donor darah tidak hanya bermanfaat bagi penerima darah, namun juga berefek baik terhadap kesehatan pendonor.

“lkut donor darah sebelum konfercab, selain melakukan bakti sosial, kader NU yang mengikuti donor darah juga mendapatkan efek yang baik setelah melakukan donor darah, sehingga nanti pas konfercab kader terasa bugar” tuturnya.

Diantara efek baik setelah donor darah menurutnya adalah, mengatasi penyakit jantung dan pembuluh darah, mengurangi berat badan, menurunkan resiko kanker, dan memperbaiki psikologi sehingga dapat membuat umur lebih panjang.

Ia juga berharap dengan adanya giat donor darah ini dapat meningkatkan kepedulian sosial warga nahdliyin agar tidak ragu untuk melakukan donor darah.

“InsyaAllah darah yang kita donorkan akan menjadi amal baik” tambahnya.

Editor     : Jamadin

Upload   : TIM Media IKBM

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed