by

IKBM Pontianak – Polresta Bangun Sinergitas Tingkatkan Pemahaman Hukum Masyarakat

-Berita-147 views

IKBM MEDIA, Pontianak – Pentingnya meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap hukum, menjadi pembahasan antara pengurus Ikatan Keluarga Besar Madura (IKBM) Pontianak dengan Kapolresta Pontianak, Kombes H Leo Joko Triwibowo, SIK, Jumat (28/5/2021).

Dalam pertemuan di Polresta tersebut, pengurus IKBM Pontianak menyatakan bakal bersinergi dengan Polresta, dalam upaya mengurangi pelanggaran hukum oleh masyarakat, terutama warga Madura. 

“Bisa jadi ada beberapa dari saudara kami Madura yang belum memahami ilmu hukum. Sehingga ke depannya bidang advokasi dan bidang keamanan akan menemui masyarakat Madura di kelurahan. Berkaitan dengan hal ini, kami harapkan Kepolisian membantu mendampingi kami untuk menjelaskan tentang hukum. Dengan harapan mengurangi bahkan meniadakan pelanggaran hukum di lapangan. Membudayakan tertib hukum,” kata Sekretaris IKBM Pontianak, Bahri.

Menurutnya jika ada gesekan sosial di masyarakat atau ada pelanggaran hukum terutama di wilayah kerja Polsek dan memerlukan mediasi, maka IKBM Pontianak siap membantu.

BACA JUGA : IKBM Pontianak Diminta Berperan Aktif Dalam Pembangunan

Ditambahkan Bendahara IKBM Pontianak, Sharul Efendi, menuturkan bahwa IKBM Pontianak siap bekerjasama dalam hal pelaksanaan program Kepolisian di masyarakat. “Kami terus berusaha meningkatkan kesadaran hukum di kalangan suadara kami etnis Madura secara berkelanjutan,” katanya.

Kapolres menyambut baik rencana tersebut. “Silakan jika ada rencana kegiatan, beritahu kami. Sebagai contoh penyuluhan narkoba, tertib berlalu lintas, tertib hukum di masyarakat, nasionalisme dan mencegah radikalisme. Tentu kami kirim petugas kami sesuai dengan bidang profesinya,” katanya.

Sementara itu Ketua IKBM Pontianak, Berdi, menyatakan bahwa sebenarnya sudah lama pengurus mengagendakan bertemu Kapolresta. “Alhamdulillah hari ini bisa terwujud pada hari Jumat berkah.Tujuannya  untuk menjalin silaturahmi, berdiskusi masalah sosial kemasyarakatan.

Pada pertemuan itu, pengurus IKBM Pontianak menyerahkan dokumen susunan kepada Kapolresta. (*)

 

Pewarta : Dian Lestari

Editor : Ubay KPI

Upload : TIM IKBM MEDIA

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed