by

IKBM Kalbar Sambangi Warga Madura di Sungai Ambawang

*IKBM BERBAGI

Ketua Harian IKBM Kalbar, H. Irsan, S. Ag turut serta kegiatan sosial bertajuk IKBM BERBAGI 2021. Foto : IKBM MEDIA

IKBM Kalbar Sambangi Warga Madura di Sungai Ambawang

IKBM MEDIA, Kubu Raya – Dalam safari bertajuk IKBM Berbagi, Ikatan Keluarga Besar Madura (IKBM) Kalimantan Barat bagikan sembako kepada para kaum fakir miskin atau warga kurang mampu  di Jalan Siak, Desa Durian, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Minggu 25 April 2021.

Kegiatan ini telah berlangsung tahun kedua. Dalam pendistribusian sembako kemarin, sedikit menemukan kendala. Paket sembako yang awalnya dengan menggunakan mobil oleh para pengurus IKBM Kalbar, menjelang ke titik penyaluran, paket harus dipindah ke kendaraan roda dua, lantaran jalan raya yang dilalui tak bisa masuk kendaraan roda empat atau mobil.

Kegiatan bagi sembako pada bulan Ramadan ini dipimpin langsung Sekretaris IKBM Kalbar,  H.Muhammad Fauzie,S.Sos.

Dijelaskan mantan anggota DPRD Kota Pontianak ini, pembagian sembako ini menyasar warga kurang mampu, dengan tujuan untuk menjalin silaturahmi kepada warga yang ada di pelosok.

“Masyarakat di pelosok perlu perhatian besar maka dari itu, IKBM BERBAGI dengan kepedulian terhadap masyarakat terkhususnya pada saudara madura yang hidup kurang mampu,” ujar M Fauzie.

IKBM gelar program pembagian sembako yang dilakukan oleh jajaran pengurus.

Dijelaskan M Fauzie, pembagian sembako atau IKBM Peduli ini dilakukan pertama kali pada tahun 2020.

Pengurus IKBM Kalbar, Marsaid membagikan sembako pada warga kurang mampu di Jalan Siak, Desa Durian, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Minggu 25 April 2021.

“Pada saat itu dampak yang ditimbulkan Covid 19 sangat terasa di masyarakat miskin yang kehilangan pekerjaannya atau mata pencaharian. Dengan latar belakang tersebutlah sehingga ada rasa empati dari pengusaha pengusaha Madura Kalbar, sehingga mereka mendonasikan dari rezekinya menafkahkan untuk masyarakat miskin dengan bejerja sama dengan IKBM Kalbar,” tambah Fauzie.

Dijelaskan Fauzie, pembagian sembako ini juga merupakan media bersilaturahmi antara pengurus IKBM dengan orang Madura yang ada di pelosok.

“Kita juga merasakan bagaimana kondisi masyarakat. Mudah-mudahan apa yang diberikan meski hanya tak seberapa bisa meringankan beban masyakarat yang memang kondisinya sangat sulit untuk mendapatkan ekonomi,” jelas Fauzie.

Untuk tahun ini, IKBM Berbagi akan menyalurkan 4000 paket, berupa beras 5 Kilogram, sarung dan juga uang tunai.

“Paket ini kita kumpulkan dari zakat harta kawan-kawan pengurus IKBM Kalbar. Untuk tahun ini sasaran kita wilayah terdekat, yakni Kota Pontianak, Kubu Raya dan Mempawah,” jelas Fauzie.

Fauzie berharap, pembagian paket sembako di bulan Suci Ramadan ini menjadi sambung ukhuwah islamiyah antar masyarakat Madura satu dengan yang lain dan tetap satu komando jika menyelesaikan masalah di Kalimantan Barat.

“Pembagian paket ini tidak melalui kordinator, karena pengurus IKBM turun secara langsung membagikan dari rumah ke rumah. Hal ini juga dalam rangka agar masyarakat bisa mengetahui bisa mengenal keadaan organisasi IKBM kalimantan Barat,” jelas Fauzie. *

Pewarta : Rokib

Editor : Jamadin

Foto : Muhajir

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed