by

BPJS Ketenagakerjaan Pontianak Serahkan 350 Paket Sembako

-Berita-77 views

IKBM MEDIA, Pontianak – Dalam suasana masih pandemic saat ini, tak banyak paket sembako yang didistribusikan oleh BPJS Ketenagkerjaan Cabang Pontianak. Dari 18 ribu paket sembako secara nasional, Pontianak hanya mendapat jatah 350 paket sembako.

Bertempat di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pontianak di Jalan Ahmad Yani Pontianak, Selasa (4/5/2021) siang, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pontianak, Andry Rubiantara menyerahkan paket sembako secara simbolis kepada perwakilan pekerja dan Serikat Pekerja dan Buruh.

Andry Rubiantara mengatakan, dalam dua tahun terakhir ini setiap peringatan may day, BPJS Ketenagakerjaan memberikan sembako kepada buruh, serta bantuan alat-alat medis untuk rumah sakit.

“Kali ini di Kalbar, seperti di nasional pula diarahkan untuk May Day dengan memberikan bantuan sembako. Jadi bersama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kita sudah serahkan bantuan sembako kepada perwakilan beberapa Serikat Pekerja,” ungkapnya.

Andry menambahkan, pemberian paket sembako yang terbatas tersebut sebagai bentuk empati kepada masyarakat yang terdampak pandemic Covid-19.

Di kesempatatan yang sama, BPJS Ketanagakerjaan juga menyempatkan berdialog dengan perwakilan serikat pekerja. Salah satu yang didiskusikan masih banyaknya burh yang belum terlindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan khususnya sector perkebunan.

“Kita akan terus bersosialisasi, mendatangi perusahaan tersebut dan menyampaikan hak-hak pekerja,” cetusnya.

Ia menambahkan BPJS Ketenagakerjaan juga memiliki program tambahan yakni Program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP).

Jaminan ini akan membantu para pekerja yang mengalami PHK karena perusahaan mereka terdampak pandemi.

“Akan kami mintakan perusahaan ini mendaftarkan pekerjanya. Lalu melakukan penyesuaian keikutsertaan program. Jika perusahaan maka wajib mengikuti empat program dari BPJS Ketenagakerjaan,” katanya.

Sebelumnya BPJS Ketenagakerjaan atau BPJamsostek bersama Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi, Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), dan Pemerintah Daerah melakukan penyerahan bantuan sebanyak 18.798 paket sembako secara simbolis kepada perwakilan pekerja dan Serikat Pekerja dan Buruh di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) di Bekasi, Sabtu 1 April 2021.

Pemberian bantuan yang dilakukan di 34 provinsi dan 415 kabupaten dan kota di Indonesia saat Hari Buruh Internasional 2021. *

Penulis : Ubay KPI

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed