by

Antusiasme Warga Madura Kalbar Terima Vaksin Meningkat, Kuota Ditambah

-Berita-246 views

IKBM MEDIA, Pontianak – Antusiasme masyarakat Kalimatan Barat khususnya Kota Pontianak dan Kubu Raya, sangat besar untuk mengikuti program vaksinasi Covid-19 yang akan digelar di Rumah Budaya Madura di Jalan Selat Panjang, Pontianak Utara, Senin (24/8/2021) pagi ini.

Hingga Minggu (23/8/2021) malam, panitia dari internal Ikatan Keluarga Besar Madura (IKBM) Kalimantan Barat mencatat, sudah lebih 1000 peserta yang mendaftar untuk megikuti vaksinasi massal.

Vaksinasi massal itu bertujuan untuk melindungi masyarakat dari Covid-19 sekaligus untuk mencapai target kekebalan kelompok (herd immunity).

Hamdan, salah satu panitia vaksinasi massal dari IKBM Kalbar menyebutkan, hingga Senin (24/8/2021) dini hari, sudah ada 1200 peserta yang mendaftar.

“Kuota awal dari Polda Kalbar kuota vaksinasi massal kerjasama dengan IKBM Kalbar ini 1000 kuota, namun info terkini dari pengurus IKBM Kalbar, bahwa Polda Kalbar akan menambah kuota,” ujar Hamdan yang juga Ketua Ikatan Lanceng Praben Kalimantan Barat, Senin (24/8/2021) pagi.

Belakangan, vaksin dosis pertama memang banyak dicari oleh masyarakat. Hal tersebut tak lepas dari kekosongan vaksin dari pemerintah.

“Teknis soal kuota vaksi tetap berada di Polda Kalbar, termasuk soal penambahan kuota,” imbuh Hamdan.

Ketua Harian IKBM Kalbar, Irsan tak menyangka dengan membludaknya masyarakat yang mendaftar untuk memperoleh vaksin dosis pertama melalui IKBM Kalbar. Namun tingginya animo dan kesadaran akan pentingnya vaksinasi, dirinya semakin yakin bahwa wabah ini bisa cepat berlalu dan Kalimantan Barat khususnya akan memasuki zona hijau Covid-19.

“Kita bersyukur banyak masyarakat yang tak ragu lagi pada vaksin, telah nyata warga yang sudah vaksin, dapat sembuh kalau pun masih terpapar virus,” ujar Irsan.

Dari 1200 peserta yang terdata di IKBM Kalbar, mayoritas adalah warga Madura dari Kota Pontianak dan Kubu Raya. Lebih dari 50 persen yang terdata, mereka adalah warga Madura yang ada di Kalimatan Barat.

“Dari awal rencana, IKBM Kalbar memang menjemput lebih khusus kepada warga Madura. Melalui IKBM yang ada di kota dan kabupaten, juga kecamatan dan ranting-ranting,” kata Irsan yang juga legislator dari Partai Kebangkitan Bangsa DPRD Kalbar ini.

Dilanjutkan Irsan, meski vaksinasi ini dilakukan kerjasama Polda Kalbar dan IKBM Kalbar, bukan berarti menutup pintu untuk etnis lainnya. Terlebih, vaksinasi dosis pertama saat ini memang banyak dicari oleh masyarakat.

“Kami tetap open kepada seluruh masyarakat lintas etnis, meskipun kebetulan saat ini vaksinasi untuk internalnya diberikan kepada IKBM Kalbar. Warga Madura yang terdata sekitar 600-700 orang, selebihnya dari lintas etnis,” tutur politisi yang memiliki jargon Energi Baru Kubu Raya itu.

Vaksinasi massal pagi ini, selain akan dipantau langsung oleh Ketua Umum IKBM Kalbar, H. Sukiryanto dan jajaran pengurus IKBM Kalbar, kabarnya akan dipantau langsung juga oleh Gubernur Kalbar, H. Sutarmidji, Kapolda Kalbar dan Kepala Dinas Kesehatan Kalbar.

Vaksinasi dosis pertama di Rumah Budaya Madura Kalimantan Barat bersama IKBM Kalbar ini hanya akan dilaksanakan satu hari, dari kuota yang telah ditentukan dan kemungkinan adanya penambahan kuota, seluruhnya vaksinasi kepada pendaftar akan diberikan dari pagi hingga sore hari. *

Pewarta : Ubay KPI

Upload : IKBM Media

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed