by

Abdul Mutalib Nahkodai IKBM Kota Singkawang Periode 2021-2026

-Tokoh-86 views
Proses pelantikan IKBM Kota Singkawang. Foto : Poros Indonesia

Abdul Mutalib Nahkodai IKBM Kota Singkawang Periode 2021-2026

IKBM MEDIA, Singkawang – Acara Pelantikan Pengurus Ikatan Keluarga Besar Madura Kota Singkawang Periode 2021-2026 berlangsung penuh hikmat, yang dilaksanakan di ball room hotel Mahkota Singkawang dan dihadiri oleh wakil walikota Siangkawang H. Irwan M.SI, wakil ketua DPRD Kota Singkawang Sumberanto Tjitra SH MH, Dandim 1202, Kejaksaan Negeri Jeeyanto Tulungalo SH, ketua KNPI Diso Sanjaya, ketua Yakorma Syamhadi, ketua IKAMA Umar, ketua DAD Drs. Stepanus Panus, ketua MABT Tjhia Ki Tho, Sekda Mastro, Kadis Pendidikan Drs. Ahyadi SE.MM dan 12 etnis/paguyuban, serta ketua umum IKBM Kalbar H. Sukiryanto. S.Ag

Pelantikan Pengurus Ikatan Keluarga Madura dimulai dengan Tarian adat Madura “Tonduk Majeng” artinya pulang dari nelayan yang biasa dipakai untuk menyanbut tamu oleh gadis-gadis madura disebut “Mennik” kemudian dilanjutkan dengan doa oleh H. Abdul Muthalib S.Pd.I,  kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan lagi pembacaan ayat suci Alquran, dilanjutkan pembacaan SK oleh Bpk. Mistur sekaligus pelantikan pengurus ikatan keluarga besar madura kota Singkawang.

Kata sambutan ketua terpilih IKBM H. Abdul Mutalib SE.ME dalam sambutannya mengatakan, bahwa bersyukur kepada Allah atas berlangsungnya acara pelantikan dengan sukses, dan saya diberi kepercayaan untuk menjadi ketua dalam pagukuyuban IKBM ini. Dalam pemaparan visi dan misi bahwa merindukan hidup dalam kebersamaan di Kota Singkawang ini dan rindu bersinergis dengan pemerintah kota Singkawang, dan semua elemen serta semu masyarakat kota Singkawang yang pluralisme ini, ucapnya.

Kata Sambutan Ketua Umum IKBM KAlbar H. Sukiryanto. S. Ag mengatakan dengan dilantiknya pengurus IKBM Kota Singkawang lebih mengedepankan hidup damai dalam keberagaman ditengah-tengah masyarakat kota singkawang dan lebih luas secara umum di Kalimantan Barat, untuk menjamin tali silaturahmi sesama etnis dan budaya, kami juga sampaikan bahwa tahun ini, hampir disemua kabupaten/kota Kalimantan Barat, kami sudah bentuk Ikatan Keluarga Besar Madura. Tidak ada tujuan lain selain mengedepankan kegiatan-kegiatan sosial,  jika diantara saudara-saudara kita yang mengalami musibah. Lanjutnya bahwa organisasi IKBM ini dibentuk di Kalbar ruang lingkup kerja hanya ada di Kalbar saja, dan tidak ada kaitannya dengan organisasi Madura yang ada dipusat. Selesai memberikan kata sambutan langsung memberikan cindramata kepada Ketua IKBM terpilih dan Ketua IKBM Bengkayang, pungkasnya.

Sambutan Wakil walikota Singkawang Irwan mengatakan bahwa ini momentum yang sangat penting, dimana kita harus bangun tali silaturahmi lebih luas lagi, baik hari ini dan yang akan datang. Hidup berdampingan sesama umat beragama dan suku perlu ditumbuh kembangkan serta menyatukan persepsi yang sama, sinergisitas dengan pemerintah juga hal yang penting dan terarah untuk mencapai satu tujuan. dan semua elemen untuk tetap menjaga keharmonisan di kota yang kita cintai ini. Pemerintah kota Singkawang konsisten dengan semua peranan dan dan fungsi paguyuban untuk secara bersama-sama menumbuhkembangkan sikap toleransi untuk menepis faham-faham radikal dan inkonstitusional serta menyentil peredaran narkoba di kota ini sungguh sangat memprihatinkan. Sehingga Irwan menghimbau untuk mencegah dan menyelamatkan dari rumah tangga kita mengenai pengaruh narkoba ini, tuturnya.

Wakil walikota mengucapkan selamat dan sukses kepada pengurus baru IKBM kota Singkawang. Saya yakin paguyuban IKBM ini mampu menciptakan kerukunan, toleransi sesama manusia. Dengan turunnya predikat kota tertoleran ke urutan kedua ini menjadi tugas kita semua untuk berjuang lebih keras lagi mengembalikan predikat kota Singkawang ke urutan satu,  ucapnya.

Acara pelantikan pengurus ikatan keluarga besar madura kota Singkawang periode 2021-2026 ditutup dengan doa oleh Habib Helmi. Serta pertunjukan tarian khas Madura yang dipersembahkan oleh gadis-gadis Madura (praben). Acara Pelantikan ini berjalan dengan sangat meriah dan tetap mematuhi protokol kesehatan. Dengan dilantiknya pengurus IKBM Kota Singkawang diharapkan menambah aroma lebih baik lagi untuk mencapai kerukunan dan menciptakan kota tertoleran serta penjamin ketenangan masyarakat kota Singkawang. *

Sumber : Poros Indonesia

Uploader : Tim IKBM MEDIA

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed